Sabtu, 22 September 2012

PERANGKAT OUPUT/OUPUT DEVICE


Monitor

 
 
       Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis di antara lain :






Printer

 
Bahasa Indonesianya pencetak yaitu alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas.
Cara kerjanya dengan cara menggunakan sambungan kabel lentur pada printer untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer.
Biasanya kalo saya mau ngeprint itu pake USB dimasukkan ke CPU lalu buka document yang mau di print, klik menu print lalu klik OK, cetakan keluar berupa kertas hitam di atas putih (kalo tidak berwarna) dari printer yang terhubung oleh CPU tersebut.




Lasser Printer



Bentuk bagian lasser printer mirip dengan mesin foto copy. Daya cetaknya cukup banyak, bisa 10 lembar/ menit. Kualitas hasil cetaknya sangat bagus mirip dengan aslinya, selain itu hasil cetakan cepat kering dan harga printer ini cukup mahal.
Sumber: baca buku :p




Inkject printer







Adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Dengan kualitas cetak gambar berwarna yang cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer inkject itu tidak sama tergantug merk printer tersebut. Pada inkject hasil cetakan lebih lama kering dibandingkan dengan printer.
Sumber: baca buku :p







Dot matrix



Adalah pencetak yang revolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika anda sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras dan kualitas hasil cetak gambarnya kurang baik. Gambar yang tercetak seperti titik-titik yang saling berhubungan.
Pada umumnya printer dot matrix itu hanya mempunyai satu warna yaitu hitam. Saat ini, printer jenis ini masih banyak digunakan karena terkenal bandel atau awet. Kelebihan lainnya pipa printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan stoner atau tinta untuk printer jenis inkject maupun printer lasser.
Sumber: baca buku :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar