Sabtu, 22 September 2012

 
PERANGKAT INPUT/INPUT DEVICE



Keyboard


Bahasa Indonesianya yang lebih dikenal yaitu papan ketik komputer. Keyboard itu sendiri adalah sebuah papan, yang dimana papan tersebut ada tombol-tombolnya kaya huruf alphabet (A – Z ) untuk mengetikkan kalimat. Di keyboard juga terdapat angka-angka (0 – 9), serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, keyboard menggunakan susunan tombol atau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Zaman dahulu mesin tik lebih dulu ada dibanding keyboard. Itu juga mesin tik digunakan tanpa listrik dan cara kerjanya masih manual. Sehingga jika ada huruf atau kata yang salah ketika sudah diketik tidak bisa langsung dihapus. Kalo mau ngapus pun juga secara manual. Beda banget sama zaman sekarang yang menggunakan keyboard kalo ada kata atau huruf yang salah sedikit kita bisa langsung menghapus. Itulah teknologi yang semakin saja berkembang.
Cara kerjanya juga beda-beda. Kalo keyboard yang dipake di komputer itu bisa berjalan kalo adanya aliran listrik, sedangkan keyboard di laptop itu ga usah pake aliran listrik juga bisa berjalan dengan menggunakan baterai.



Mouse
    Bahasa Indonesianya tetikus yaitu alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. Mouse itu dinamakan tetikus karena ada kabelnya yang menjulur kaya buntut atau ekor tikus. Hahahaha namanya lucu kaaaan :p
Mouse itu kerjanya menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Kalo mau tau yang lebih modern dari mouse juga ada yang tidak menggunakan bola lagi tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan.



Trackball
       
         Bahasa Indonesianya bola jejak yaitu peranti untuk penunjuk yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball pada umumnya ada pada mouse modern.
Dan cara kerjanya juga mengikuti pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakan mouse naik turun secara berulang cukup menggeser trackball itu saja.



Scanner


      Bahasa Indonesianya yaitu pemindai yang merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil scanner pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Banyak jenis pemindai tergantung kegunaan dan cara kerjanya. Jenis-jenisnya yaitu pemindai gambar, barcode, sinar-X, cek, logam, optical mark reader (OMR), dan 3 dimensi. Di antara jenis-jenis scanner tersebut yang paling sering disebut scanner adalah scanner gambar.





Joystick



 
        Bahasa Indonesianya tuas kontrol/tuas kendali/tongkat ria yaitu alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Kalo yang saya lihat, biasanya joystick ini kebanyakan dipakai buat maen PS terutama anak laki-laki yang biasa atau sering maen PS di laptop biasanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar